Silabus Bahasa Inggris
Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP)
Kelas/Semester: X/2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Teks/Functional Text | Contoh Teks | |||||||
SIKLUS LISAN (SPOKEN CYCLE) MENDENGARKAN Mehami makna teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan. BERBICARA Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional resmi dan percakapan yang berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. MENDENGARKAN Memahami makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. BERBICARA Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative, descriptive dan news item sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. MEMBACA Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer MENULIS Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. | Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur berterima kasih, memuji, mengucapkan selamat, menggunakan ungkapan terkejut, menggunakan ungkapan rasa tak percaya Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan sederhana yang melibatkan tindak tutur berikut; berterima kasih, memuji, mengucapkan selamat, menggunakan ungkapan terkejut, menggunakan ungkapan rasa tak percaya - Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi sederhana dalam berbagai konteks situasi. - Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan populer secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item - Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks situasi. - Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan bahasa ragam lisan populer secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: nrrative, descriptive dan news item - Merespon makna dalam teks fungsional pendek (mis. pengumuman, petunjuk dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis. - Merespon makna dan langkah-langkah retorika teks tulis monolog/esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item - Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek (mis. kartu ucapan, pengumuman dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima menggunakan ragam bahasa tulis. - Mengungkapkan makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item | Bereaksi atau merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berterima kasih, memuji, mengucapkan selamat, menggunakan ungkapan terkejut, menggunakan ungkapan rasa tak percaya Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional; berterima kasih, memuji, mengucapkan selamat, menggunakan ungkapan terkejut, menggunakan ungkapan rasa tak percaya - Merespon teks lisan fungsional pendek - Merespon teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item - Melakukan teks teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll) resmi/tidak resmi. - Melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative, descriptive dan news item - Mengidentifikasi makna dalam teks tulis fungsional dan teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item - Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item -Menulis teks fungsional pendek resmi dan tak resmi - Menulis teks berbentuk narrative, descriptive dan news item | Narrative Descriptive News Item Letter Narrative Descriptive Announcement Campaign Flyer News Item | · Berterima kasih mis. Thank you Thanks anyway · Memuji mis. A: That’s a lovely cake B: Thank you · Mengucapkan Selamat mis. A: Congratulation! B: Thank you · Menggunakan ungkapan terkejut. mis. Really! Oh? · Menggunakan ungkapan rasa tak percaya mis. Are you serious? Oh,no! that’s not true \ I Did Not MeanTo Hurt You“Hello … Yustita!” Lucy’s voice surprised me. Why not? She never comes so early like this morning. She usually comes a few minutes before the bell rings. “Hi! What is wrong? You don’t look yourself today. Why did you come so early today?” “My father gave me a lift. By the way,. have you heard anything about “Elsa?” “What is the matter with her?” I asked. ”Haven’t you heard? Everyone at school has,” she replied. “What is it? Would you tell me, please?” I begged her. “O.K., She is falling in love with Iwan. Don’t you know? She is your classmate, isn’t she?” “You are kidding! I can’t believe it is true. As far as I know, she is a calm girl. But… how about Iwan’s response?” I asked her (to be continued ) Do you like birds ? Do you have one at home? I have one. It’s a cockatoo. It’s the most beautiful bird I have ever had. I call it BB. Well, BB is originally native to Philippines. BB has a stiff feathered crest and powerful hooked beak. Her body size lies between 30 and 32 centimeters. You see, BB is a clever cockatoo. She is clever at mimicking a human’s speech. She can say, “Good morning. How are you today?” or sing “Twinkle, twinkle Little Stars”. She whistles very loudly when she is cheerful. Every body finds her amusing. BB has wonderful feathers. She has blue feathers with bright markings. The combination of blue, orange and pink makes her look cute. You know what, she can finish up two ears of corn every day and she drinks a lot. Good morning listeners. It’s ten o’clock in the morning and you’re listening to Headline News in 007 Archid FM. I’m Mike Tjokro. The first newsworthy event comes from Moscow. A Russians journalist has uncovered evidence of another Soviet nuclear catastrophe, which killed ten sailors and contaminated an entire town. Yelena Vazrshavskya is the first journalist to speak to people who witnessed the explosion of a nuclear submarine at the naval base of Shkotovo 22, near Vladivostock. The accident, which occurred 13 months before the Chernobyl disaster, spread radioactive fallout. The base and nearby town, were covered up by officials of the Soviet Union. Residents were told that the explosion was in the reactor of the Victor Submarine. It was said to be a ‘thermal’ and not nuclear explosion. Those involved in the clean up operation to remove more than 600 tons of contaminated material were sworn to secrecy. A board of investigators was later to describe it as the worst accident in the history of the Soviet Navy. OK listeners, that’s the first news for today. I am coming back soon with some other important news. So, stay tuned to 007 FM Archid Radio Station. Dearest Mom, Mom, I couldn’t wait myself to tell you about my new girl friend. Last month I met a girl in my college. Her name is Elizabeth. I call her Lizzy for short. She comes from Jakarta but she lives in Semarang with her aunt. Lizzy is a slim girl of average height. Her short wavy jet- black hair makes her look young and fresh. She is a charming and gentle girl and has a pleasant manner. I like her because she understands me very much and she is always ready to hear my opinion. Mom, when are you going to Semarang again ? When you do, I will introduce Lizzy to you, Mom. I’m sure you’ll like her very much. So, I’m expecting to see you soon. Bye Mom! Love, George Mathilda Loise was one of those pretty and charming girls who seemed to have been born through some mistakes of fortune into the wrong family. She let herself get married to a lowly-paid clerk, Frau Loisel, who worked at the Department of Education in Paris. She was unhappy because of the poor flat in which she lived, with its shabby furniture. All day long she would think of the beautiful houses of wealthy people. Debby Putti is a model from Surabaya. Now she is a student of State Senior High School 71 Surabaya. Debby is the first daughter of Mr. Fajar Putti and Mrs. Ana Karaeng. Debby becomes a famous model when she won the competition of Teenage Model 2005 and YTV Jrang-Jreng 2004. Debby is brown -skinned. She is tall and slender. She is 17 years old. Debby has wavy, short, black hair, a pointed nose and rather big ears. Her face is oval and her cheeks are dimpled when she smiles. Debby is an attractive girl in her blue jeans. She likes wearing a cotton jacket and a T-shirt. She always wants to feel relaxed. She is neat and well- dressed. Debby is a cheerful and friendly girl. Everybody likes her because she is humorous and creative girl. She gets on well with other people and she never forces her opinion to others. But sometimes Debbyis short-tempered when she loses her needful things. Her hobbies are cooking Japanese food, shopping and singing. Debby has a beautiful voice and her favorite singer is Kris Dayanti. Missing Dian, a three-year-old, has been reported missing. She has short curly hair and dimples when she smiles. She was last seen wearing a white shirt and red shorts. If you see a child who looks like the little girl in the picture please call Mr Jeckyl at 9333-3333 Vote for Susan Daron Earthquake jolts Japan capital TOKYO (Reuters) – A slight earthquake jolted the Japanese capital last night but authorities said there were no immediate reports of casualties or damage. A spokesman for the Japan meteorological agency said, “ An earth tremor was registered in Tokyo but there are no reports of casualties or damage. The earth tremor struck shortly after midnight Tokyo time- just after midnight Tokyo time. Residents of central Tokyo said the tremor was the strongest for several months in the capital. (taken from : Bangkok Post, 2004) | · Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur yang didengar melalui tape secara klasikal. · Mendengarkan percakapan transaksional/ interpersonal yang dilakukan oleh teman. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur yang dilakukan oleh teman. · Membaca dialog · Melafalkan berbagai tindak tutur dalam bentuk resmi dan tak resmi · Menggunakan tindak tutur yang sesuai untuk suatu pernyataan /situasi yang diberikan. · Melengkapi dialog dengan tindak tutur yang sesuai. · Mendiskusikan model percakapan berpasangan · Membaca penjelasan kalimat langsung/tidak langsung · Mendiskusikan kalimat langsung/tidak langsung · Menjodohkan ungkapan dengan contohnya · Mengidentifikasi ungkapan pada suatu dialog · Menggarisbawahi ungkapan yang dimaksud pada suatu percakapan · Mempraktekkan dialog · Menjawab pertanyaan tentang percakapan · Tanya-jawab dengan teman · Membuat dialog berpasangan sesuai dengan situasi yang diberikan · Mempraktekkan dialog di depan kelas · Mendengarkan teks monolog dengan bantuan audio · Melengkapi teks monolog dengan kata yang didengar · Menjawab pertanyaan · Mendengarkan teman mendongeng · Mendengarkan teman mendeskripsikan suatu benda · Mendengar teman mlakukan news item · Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan/manusia · Melafalkan kata-kata pada teks monolog · Melengkapi dialog berdasarkan iklan/kartu undangan yang dibaca · Melakukan Tanya-jawab · Membaca teks monolog · Mendiskusikan teks monolog yang didengar · Membedakan teks lisan dan teks tulisan · Menjawab pertanyaan · Mendiskusikan organisasi dan ciri kebahasaan teks monolog · Mengidentifikasi struktur dan ciri-ciri kebahasaan teks monolog · Melengkapi kalimat dengan ciri kebahasaan teks monolog yang dimaksud. · Bekerjasama dengan teman membuat dongeng · Bekerjasama dengan teman mendeskripsikan suatu hewan/tempat/ seseorang · Mendongeng secara individu · Mendeskripsikan suatu hewan/tempat/ seseorang secara individu · Membuat interview · Menanggapi gambar/foto · Mendeskripsikan · Menjodohkan kata sifat dengan antonimnya · Menjodohkan kata dengan definisinya · Membaca teks · Membaca Pengumuman/surat · Melafalkan kata-kata pada teks · Menjawab pertanyaan · Melengkapi kalimat dengan informasi teks yang dibaca · Mengubah headline menjadi kalimat utuh · Berdiskusi dengan teman mengenai teks yang dibaca · Melengkapi paragraph/teks dengan kata yang sesuai · Memperhatikan organisasi teks dan ciri-ciri kebahasaan teks · Membaca penjelasan mengenai ciri kebahasaan teks · Melengkapi teks dengan bentuk kata kerja yang sesuai · Membuat kalimat · Menggabungkan kalimat · Menemukan ciri kebahasaan yang dimaksud pada teks · Menentukan orientasi cerita dengan metode berbeda · Menentukan nama/term untuk tiap bagian teks · Melengkapi deskripsi seseorang · Membetulkan ejaan, huruf besar, tanda baca dari suatu teks · Bekerjasama dengan teman menulis deskriptif informasi yang disediakan · Bekerjasama dengan teman menyusun paragraf menjadi teks utuh · Bekerjasama denga teman membuat setting/klimaks/ending · Bekerjasama dengan teman membuat campaign flyer · Bekerjasama dengan teman melengkapi isi berita yang hilang · Membuat kartu ucapan · Menulis teks descriptive secara individu · Menulis teks narrative secara individu · Menulis teks news item secara individu | Performance assessment Responding Tugas rumah Tugas Proyek Dialog/ Percakapan Monolog Hasil Tulisan | 4 x 45’ 2 x 45’ 3x45’ 2x45’ 1x45’ 8x45’ 28 x 45’ 7x45’ 13 x 45’ 9 x 45’ 8x45’ | Buku Look Ahead X Tape Script Look Ahead X Kamus Kaset/CD Tape/CD Player OHP/LCD Foto/Poster Gambar Koran berbehasa Inggris |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar