|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajaran : Al – Qur’an Hadits
Kelas / Semester : XI/II
Tahun Pelajaran : 2010-2011
NO | SEMESTER | MATERI POKOK | WAKTU |
1. | I | 1.1. Tidak berlebih-lebihan. Q.S. Al Qashas : 79-82; Hadits tentang pola hidup sederhana 1.2. Pemborosan adalah kawan setan Q.S. Al Isra: 26-27 1.3. Larangan kikir Q.S. Al Isra : 29-30 1.4. Akibat bagi orang kikir Q.S. Ali Imram : 180; Hadits tentang akibat bagi orang yang kikir 1.5. Taqwa kepada Allah Q.S. Al Baqarah : 177 ; Hadits tentang tanda-tanda orang yang bertaqwa 1.6. Iman dan amal sholeh Q.S. An Nahl : 97 ; Hadits tentang balasan orang-orang yang beramal sholeh 1.7. Kewajiban amar ma’ruf nahi munkar Q.S. Ali Imran : 104 ; Hadits tentang kewajiban amar ma’ruf nahi munkar | 4X40 4X40 4X40 4X40 2X40 |
| JUMLAH | 34 | |
2. | II | 1.1.Al-Qur’an surat Yunus : 37-38 1.2.Alam semesta tanda kebesaran Allah. Qur’an surat An Nahl : 65-70 ; Hadits tentang kebesaran dan kekuasaan Allah Swt. 1.3.Beribadah kepada Allah, Q.S. Adz Dzariyat : 56 1.4.Mengingat nikmat Allah Q.S. Az Zuhruf : 9 - 13 1.5.Mensyukuri nikmat Allah Q.S. Al Ankabut : 17 ; Hadits tentang mensyukuri nikmat Allah 1.6.Pendayagunaan sumber alam Q.S. Al Furqan 45 -50 1.7.Perusakan alam merupakan perbuatan munafik Q.S. Al Baqarah : 204-206 | 4X40 6X40 4X40 2X40 4X40 2X40 |
SUB JUMLAH | | ||
JUMLAH TOTAL | |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah BalI Bina Insani
Mata Pelajaran : AL-QUR’AN HADITS
Kelas/Semester : XI / II
Tahun Pelajaran : 2010-2011
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
Banyaknya pekan dalam satu semester
NO | NAMA BULAN | BANYAK PEKAN |
1 | JANUARI | 4 |
2 | FEBRUARI | 3 |
3 | MARET | 4 |
4 | APRIL | 4 |
5 | MEI | 4 |
6 | JUNI | 4 |
JUMLAH | 23 |
Banyak pekan yang tidak efektif dalam satu semester
NO | NAMA BULAN | BANYAK PEKAN |
1 | JANUARI | - |
2 | FEBRUARI | - |
3 | MARET | 2 |
4 | APRIL | 2 |
5 | MEI | - |
6 | JUNI | 2 |
JUMLAH | 6 |
Banyaknya pekan efektif = (23 - 6) pekan = 17 Pekan efektif
Banyaknya jam pelajaran efektif = (17 X 2) Jam Pelajaran = 34 Jam Pelajaran.
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
NO | SEMESTER | MATERI POKOK | WAKTU |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
JUMLAH | |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RINCIAN WAKTU SEMESTER II
NO | MATERI POKOK | Alokasi Waktu | Januari | Februari | Maret | April | Mei | Juni | ||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1. | Kemurnian dan kesempurnaan Al-qur`an | 4X40 | | | | 2 | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | Alam semesta tanda kebesaran Allah SWT | 4X40 | | | | | | | 2 | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | Mengingat nikmat Alllah | 4X40 | | | | | | | | | 2 | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | Ulangan Harian | 4X40 | | | | | | | | | | | 2 | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5. | Mensyukuri nikmat Allah | 2X40 | | | | | | | | | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6. | Beribadah kepada ALLah | 4X40 | | | | | | | | | | | | | | 2 | | 2 | | | | | | | | | | | | | | |
7. | Ulangan Harian | 6X40 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 2 | 2 | 2 | | | | | | | | | |
| | 4X40 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 2 | 2 | | | | | | | |
| | 2X40 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 2 | | | | | | |
JUMLAH | 34 | |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
AL – QUR’AN HADITS
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Jurusan : XI
Semester : Ganjil / II
Alokasi Waktu : 12X40
Standar Konpetensi : Mampu mengidentifikasi kemurniaan dan kesempurnaaan Al-qur`an, menerapkan prinsip Al-qur`an sebagai sumber nilai, mengenali nikmat Allah dan
mensyukurinya, dan menerapkan ajaaran Al-qur`an tentang pemanfaatan alam.
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
| | | | | | |
| | | | | | H.Muh,Amin Suma |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | Departemen Agama |
| | | | |||
| | | ||||
| | | | | ||
| | | | | ||
| | | | |||
| | | | | ||
| | | | |||
| | | | |||
| | | | |||
| | | | | ||
| | | | | | Qur'an |
| | | | |||
| | | ||||
| | | M Qur'an | | | |
| | | | | ||
| | | | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | |
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| |||||||
| | | |||||
| | tujuan AI-Qur'an | | ||||
| | | | | |||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | AI-Qur'an | |
| | ||||||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | ||||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | Qur'an | ||
| | | | | | | |
| | | | | |||
| | pokok AI-Qur'an | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | ||
| | | | | | | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | |
| | | | | | | |
| |||||||
| | | |||||
| | | |||||
| | | | ||||
| | | | | |||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | Muhammad SAW | | | |||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | | ||
| | Al Qur’an | | | | | |
| | ||||||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | | | ||||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | |||
| | | | | | ||
| | | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI/ II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
PERTEMUAN : 1 dan 2
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengidenifikasi kemurnian dankesempurnaan Alqur’an , menerapkan prinsip Alqur’an
sebagai sumber nilai, mengenali nikmat Allah dan mensyukurinya, dan memahami ajaran Alqur’an
tentang pemanfaatan alam.
B. KOMPETENSI DASAR
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mendefinisikan pengertian Al Qur’an.
D. MATERI POKOK :
Pengertian Al Qur’an dan wahyu.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru menjelaskan topik
- Guru memberikan tugas kepada para siswa untuk mencari dan memahami topik
- Para siswa bereksplorasi tentang tugas
- Para siswa mengekspresikan hasil ekplorasinya
Elaborasi
- Guru menginput hasil eksplorasi para siswa
- Guru menyatukan pendapat para siswa
Penutup konfirmasi
1. Guru membuat kesimpulan
2. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 2
Pendahuluan
- Doa
- Absensi
- Apersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Membedakan Al Qur’an, Hadits qudsidan hadits nabawi.
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
- Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Sebutkan perbedaan Al Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI / II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2007-2008
PERTEMUAN : 3 dan 4
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan
B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan pemahaman cara-cara wahyu diturunkan.
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan cara-cara wahyu diturunkan.
2. Menyebutkan ayat pertama dan terakhir diturunkan.
D. MATERI POKOK :
Cara-cara wahyu diturunkan.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3
Pendahuluan
- Doa
- Absensi
- Apersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan cara-cara wahyu diturunkan.
b. Siswa mencari sumber referensi
c. Siswa berdiskusi
d. Siswa presentasi
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkannya
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
- Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 4
Pendahuluan
- Doa
- Absensi
- Apersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menyebutkan ayat pertama dan ayat terakhir diturunkan.
b. SIswa melakukan telaah
c. SIswa presentasi
d. Siswa menilai presentasi temannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan dan penilaian siswa serta mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
- Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Sebutkan Cara-cara wahyu diturunkan. 2. Tuliskan ayat pertama dan ayat terakhir diturunkan. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI / II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
PERTEMUAN : 5 dan 6
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan
B. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan proses diturunkannya Al Qur’an.
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan Hikmah diturunkannya AlQur’an.
2.
D. MATERI POKOK :
Proses diturunkannya Al Qur’an.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 5
Pendahuluan
- Doa
- Absensi
- Apersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan proses diturunkannya Al Qur’an.
b. Siswa diskusi
c. Siswa presentasi
Elaborasi
a. guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan
Penutup
Kesimpulan
5. Guru membuat kesimpulan
- Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 6
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
a. Menyebutkan hikmah diturunkannya Al Qur’an secara berangsur-angsur.
Penutup
7. Guru membuat kesimpulan
- Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Sebutkan proses diturunkannya Al Qur’an. 2. Sebutkan hikmah diturunkannya Al Qur’an secara berangsur-angsur. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BAILI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI / II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
PERTEMUAN : 7 dan 8
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan
B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi kedudukan, Fungsi dan tujuan Al Qur’an.
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan kedudukan, Fungsi dan tujuan Al Qur’an bagi kehidupan manusia..
2.
D. MATERI POKOK :
Kedudukan, Fungsi dan tujuan Al Qur’an.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 7
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan Kedudukan dan fungsi Al Qur’an.
b. Siswa mengembangkan jabaran guru
c. Siswa mempresentasikan pandangannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 8
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan tujuan Al Qur’an diturunkan.
b. Siswa melakukan telaah
c. Siswa menyampaikan pandangannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Sebutkan Fungsi,kedudukan dan tujuan Al Qur’an. 2. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI / II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
PERTEMUAN : 9 , 10 dan 11
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan
B. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan kemukjizatan Al Qur’an
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan aspek-aspek kemukjizatan Al Qur’an.
2. Memberikan argumen bahwa Al Qur’an merupakan wahyu tuhan, bukan buatan Nabi
Muhammad.
3. Membedakan bentuk mukjizat nabi Muhammad dengan nabi-nabi lainnya.
D. MATERI POKOK :
Al Qur’an sebagai mukjizat Rasul.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 9
Pendahuluan
1.Doa
2.Absensi
3.Apersepsi
4.Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan Aspek-aspek kemukjizatan Al Qur’an.
b. Siswa menelaah
c. Siswa menjelaskan pandangannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 10
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan bahwa Al Qur’an merupakan wahyu tuhan dan bukan buatan nabi Muhammad
b. Siswa mencari referensi dan menelaahnya
c. Siswa berdiskusi
d. Siswa mempresentasikan
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 11
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Menjelaskan perbedaan mukjizat nabi Muhammad dengan nabi-nabi lain sebeumnya.
b. Siswa berdiskusi kelompok
c. Siswa mempresentasikan
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Sebutkan Aspek-aspek kemukjizatan Al Qur’an. 2. Sebutkan beberapa perbedaan mukjizat nabi Muhammad dengan nabi-nabi yang lain. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI / II
ALOKASI WAKTU : 4x40
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
PERTEMUAN : 12 dan 13
A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan
B. KOMPETENSI DASAR
Mengenal cara mencari surat dan ayat Al Qur’an
C. INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mencari nama-nama surat Al Qur’an melalui identifikasi nomor surat dan juz.
2. Mempraktekkan cara mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.
3.
D. MATERI POKOK :
Cara mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.
E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :
- Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 12
Pendahuluan
1.Doa
1 .Absensi
2 .Apersepsi
3 .Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Mencari nama-nama surat dan ayat dalam Al Qur’an.
b. Siswa berdiskusi
c. Siswa presentasi
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
Pertemuan ke 13
Pendahuluan
1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi
4. Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Mempraktekkan cara mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an
- Siswa melakukan
- Siswa mendiskusikan
- Siswa presentasi
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan
Penutup
Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
6. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis
G. SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang
Media : Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.
H. PENILAIAN :
Jenis Tagihan | Teknik | Bentuk Instrumen | Soal | Aspek | Skor |
Kuis Ulangan Tugas Non tes: Performa | Tugas Individu, Tugas Kelompok Praktek | Laporan | 1. Praktek mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.. | | 100 |
Mengetahui Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001 NUPTK 6033748650200073
artikel yang bagus gan, sangat bermanfaat...
BalasHapusSoftware Developer
Digital Marketing