S I L A B U S
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 8. Memahami ilmu kalam
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
8.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam | Pengertian dan fungsi ilmu kalam | · Menjelaskan pengertian ilmu kalam · Mendiskusikan fungsi ilmu kalam · Membaca referensi yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam | 8.1.1 Mendefnisikan pengertian ilmu kalam 8.1.2 Menjelaskan fungsi ilmu kalam 8.1.3 Menelusuri sejarah munculnya ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1White Board dan spidol 2Kertas |
8.2 Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya. | Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya. | § Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam § Menelusuri latar belakang ilmu kalam § Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam | 8.2.1 Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam 8.2.2 Menjelaskan latar belakang ilmu kalam 8.2.3 Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
8.3 Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah | Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah | · Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam · Mendemonstrasikan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah | 8.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam 8.3.2 Menunjukkan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 9. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
9.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan) | Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan) | · Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam · Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam · Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam ilmu kalam | 9.1.1 Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam 9.1.2 Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam 9.1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1White Board dan spidol 2Kertas |
9.2 Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya | Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya | § Mendiskusikan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya § Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam | 9.2.1 Membandingkan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya 9.2.2 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
9.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | Beberapa contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | · Membaca buku referensi tentang sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam · Mendiskusikan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | 9.3.1 Menjelaskan sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam 9.3.2 Menjelaskan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
9.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat | Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat | · Mendiskusikan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam · Membaca buku referensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam | 9.4.1 Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam 9.4.2 Menjelaskan dasar pemikiran dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 10. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
10.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | · Menjelaskan pengertian menutup aurat · Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita · Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 10.1.1 Menjelaskan pengertian menutup aurat 10.1.2 Menunjukkan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita 10.1.3 Mengidentifikasi dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
10.2 Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | § Bermain peran bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu § Mendiskusikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 10.2.1 Menjelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 10.2.2 Membandingkan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
10.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan | Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan | · Menjelaskan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu · Mendiskusikan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 10.3.1 Menyebutkan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 10.3.2 Menunjukkan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
10.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | · Menjelaskan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu · Memberikan contoh orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 10.4.1 Menunjukan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 10.4.2 Meneladani orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 11. Menghindari perilaku tercela
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT | ||
11.1 Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | · Menjelaskan definisi dosa besar · Membaca, menulis menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | 11.1.1 Mendefinisikan tentang dosa besar 11.1.2 Mencari dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas | ||
11.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | § Menjelaskan macam-macam dosa besar § Mendiskusikan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | 11.2.1 Menyebutkan macam-macam dosa besar 11.2.2 Menunjukkan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas | ||
11.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | · Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) · Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | 11.3.1 Menjelaskan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) 11.3.2 Menunjukkan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas | ||
11.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | | · Membaca referensi tentang akibat positif meninggalkan dosa besar · Mencari contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar · Mendiskusikan hikmah dari menghindari dosa besar | 11.4.1 Menjelaskan akibat positif meninggalkan dosa besar 11.4.2 Membiasakan menghindari dosa besar 11.4.3 Menjelaskan hikmah menghindari dosa besar | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas | ||
| | |||||||
S I L A B U S
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 12. Memahami tasawuf
Alokasi Waktu per semester : JP
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
12.1Menjelaskan pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf | Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf | · Menjelaskan pengertian tasawuf · Mencari referensi asal usul tasawuf · Menjelaskan istilah-istilah dalam tasawuf | 12.1.1 Mendefinisikan tentang tasawuf 12.1.2 Menjelaskan asal usul tasawuf 12.1.3 Menyebutkan istilah-istilah dalam tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
12.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | § Mendeskripsikan karakteristik tasawuf § Menjelaskan pentingnya tasawuf § Mendiskusikan hubungan tasawuf dengan akhlak | 12.2.1 Menjelaskan karakteristik tasawuf 12.2.2 Menunjukkan pentingnya tasawuf 12.2.3 Menjelaskan hubungan antara akhlak dengan tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
12.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf | Contoh-contoh perilaku bertasawuf | · Membaca referensi tentang tokoh-tokoh dalam tasawuf · Mendiskusikan maqamat-maqomat dalam tasawuf | 12.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam tasawuf 12.3.2 Menyebutkan maqamat-maqomat dalam tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
12.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern | Tasawuf dalam kehidupan modern | · Mendiskusikan hikmah bertasawuf · Memberikan contoh orang-orang yang bertasawuf · Mendiskusikan peran tasawuf dalam kehidupan modern | 12.4.1 Menjelaskan hikmah bertasawuf 12.4.2 Meneladani orang-orang yang bertasawuf 12.4.3 Menunjukan peran tasawuf dalam kehidupan modern | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 13. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
13.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | · Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan · Mendiskusikan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | 13.1.1 Mendefinisikan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan 13.1.2 Membandingkan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
13.2 Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | § Mendiskusikan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan § Menjelaskan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | 13.2.1 Menjelaskan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan 13.2.2 Menyebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
13.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | · Menjelaskan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan · Memberikan contoh orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | 13.3.1 Menyebutkan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan 13.3.2 Meneladani orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
13.4 Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari | Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari | · Mendiskusikan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan · Bermain peran berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | 13.4.1 Menunjkkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan 13.4.2 Membiasakan diri berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 14. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
14.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | · Menjelaskan tentang pergaulan remaja · Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pergaulan remaja | 14.1.1 Mendeskripsikan tentang pergaulan remaja 14.1.2 Menganalisis dalil naqli tentang pergaulan remaja | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
14.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | § Membaca referensi tentang tata cara pergaulan remaja § Bermain peran contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja § Mendiskusikan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami | 14.2.1 Menjelaskan tata cara pergaulan remaja 14.2.2 Memberi contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja 14.2.3 Membandingkan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
4.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan | Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan | · Membaca referensi akibat pergaulan yang tidak islami · Mendiskusikan akibat posotif pergaulan remaja yang islami | 14.3.1 Memberi contoh akibat pergaulan yang tidak islami 14.3.2 Menunjukkan akibat posotif pergaulan remaja yang islami | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
14.4 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari | · Membaca referensi tentang orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan · Mendiskusikan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | 14.4.1 Meneladani orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan 14.4.2 Menunjukkan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 15. Menghindari perilaku tercela
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
15.1 Menjelaskan pengertian ishraf, tabdzir, dan fitnah | Pengertian ishraf, tabdzir, dan fitnah | · Menjelaskan ishraf, tabdzir, dan fitnah · Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah | 15.1.1 Mendeskripsikan ishraf, tabdzir, dan fitnah 15.1.2 Menunjukkan dalil tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
15.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | § Mendiskusikan katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah § Bermain peran contoh tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah | 15.2.1 Menyebutkan katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah 15.2.2 Memberi contoh tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
15.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | · Menjelaskan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah · Membaca referensi tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah | 15.3.1 Mennunjukkan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah 15.3.2 Menjelaskan ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
15.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah | Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah | · Membaca referensi tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah · Mendiskusikan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | 15.4.1 Meneladani orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah 15.4.2 Menyebutkan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Tabanan , 31 Januari 2010
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
Drs. Imam Mawardi, M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111199603 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar