storm in my heart

Kamis, 07 April 2011

SILABUS AKIDAH AKHLAK


S  I  L  A  B  U  S


Nama Sekolah                     : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani                                                                                                                                                               
Mata Pelajartan                  : Aqidah Akhlaq                                                                                                                                                 
Kelas / Semester                  : XII / Genap
Standar Kompetensi           : 8. Memahami ilmu kalam

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
8.1    Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
Pengertian dan fungsi ilmu kalam
·    Menjelaskan pengertian ilmu kalam
·    Mendiskusikan fungsi ilmu kalam
·    Membaca referensi yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam

8.1.1      Mendefnisikan pengertian ilmu kalam
8.1.2      Menjelaskan fungsi ilmu kalam
8.1.3      Menelusuri sejarah munculnya ilmu kalam


Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1White Board dan spidol
2Kertas
8.2    Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
§ Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam
§ Menelusuri latar belakang ilmu kalam
§ Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
8.2.1  Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam
8.2.2  Menjelaskan latar belakang ilmu kalam
8.2.3  Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas
8.3 Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
·    Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
·    Mendemonstrasikan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah
8.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
8.3.2 Menunjukkan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas



Standar Kompetensi               : 9. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
9.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)


Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
·    Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam
·    Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
·    Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
9.1.1 Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam
9.1.2 Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
9.1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1White Board dan spidol
2Kertas

9.2 Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya

Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
§ Mendiskusikan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
§  Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam
9.2.1 Membandingkan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
9.2.2 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

9.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
Beberapa contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
·         Membaca buku referensi tentang sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
·         Mendiskusikan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam

9.3.1 Menjelaskan sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
9.3.2 Menjelaskan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

9.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat
·         Mendiskusikan  persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
·         Membaca buku referensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam
9.4.1 Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
9.4.2 Menjelaskan dasar pemikiran dalam ilmu kalam
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas



Standar Kompetensi               : 10. Membiasakan perilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
10.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

·   Menjelaskan pengertian menutup aurat
·   Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita
·   Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

10.1.1  Menjelaskan pengertian menutup aurat
10.1.2  Menunjukkan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita
10.1.3  Mengidentifikasi dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

10.2 Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

§ Bermain peran bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
§ Mendiskusikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
10.2.1 Menjelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
10.2.2 Membandingkan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

10.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

·    Menjelaskan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·    Mendiskusikan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

10.3.1 Menyebutkan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
10.3.2 Menunjukkan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes

4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

10.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·      Menjelaskan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·      Memberikan contoh orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
10.4.1 Menunjukan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
10.4.2 Meneladani orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes

2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas



Standar Kompetensi               : 11. Menghindari perilaku tercela
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
11.1 Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
·       Menjelaskan definisi dosa besar
·       Membaca, menulis menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
11.1.1  Mendefinisikan tentang dosa besar
11.1.2  Mencari dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

11.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
§ Menjelaskan macam-macam dosa besar
§ Mendiskusikan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
11.2.1  Menyebutkan macam-macam dosa besar
11.2.2  Menunjukkan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

11.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

·      Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
·      Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

11.3.1 Menjelaskan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
11.3.2 Menunjukkan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

11.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

·      Membaca referensi tentang akibat positif meninggalkan dosa besar
·      Mencari contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar
·      Mendiskusikan hikmah dari menghindari dosa besar
11.4.1 Menjelaskan akibat positif meninggalkan dosa besar
11.4.2 Membiasakan menghindari dosa besar
11.4.3 Menjelaskan hikmah menghindari dosa besar
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas
















S  I  L  A  B  U  S

Nama Sekolah                     : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani                                                                                                                                                               
Mata Pelajartan                  : Aqidah Akhlak                                                                                                                                                                 
Kelas / Semester                  : XII / Genap
Standar Kompetensi          : 12. Memahami tasawuf
Alokasi Waktu per semester              :   JP

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
12.1Menjelaskan pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf

Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf

·    Menjelaskan pengertian tasawuf
·    Mencari referensi asal usul tasawuf
·    Menjelaskan istilah-istilah dalam tasawuf
12.1.1  Mendefinisikan tentang tasawuf
12.1.2  Menjelaskan asal usul tasawuf
12.1.3  Menyebutkan istilah-istilah dalam tasawuf
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


12.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern

Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern

§ Mendeskripsikan karakteristik tasawuf
§ Menjelaskan pentingnya tasawuf
§ Mendiskusikan hubungan tasawuf dengan akhlak
12.2.1  Menjelaskan karakteristik tasawuf
12.2.2  Menunjukkan pentingnya tasawuf
12.2.3  Menjelaskan hubungan antara akhlak dengan tasawuf
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

12.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf

Contoh-contoh perilaku bertasawuf

·    Membaca referensi tentang tokoh-tokoh dalam tasawuf
·    Mendiskusikan maqamat-maqomat dalam tasawuf
12.3.1  Menyebutkan tokoh-tokoh dalam tasawuf
12.3.2  Menyebutkan maqamat-maqomat dalam tasawuf
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

12.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern
Tasawuf dalam kehidupan modern
·    Mendiskusikan hikmah bertasawuf
·    Memberikan contoh orang-orang yang bertasawuf
·    Mendiskusikan peran tasawuf dalam kehidupan modern
12.4.1 Menjelaskan hikmah bertasawuf
12.4.2 Meneladani orang-orang yang bertasawuf
12.4.3 Menunjukan peran tasawuf dalam kehidupan modern
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas



Standar Kompetensi   : 13. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
13.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan

Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
·    Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
·    Mendiskusikan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
13.1.1        Mendefinisikan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
13.1.2       Membandingkan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

13.2 Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan

Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
§ Mendiskusikan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
§ Menjelaskan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
13.2.1        Menjelaskan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
13.2.2        Menyebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

13.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan

Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
·    Menjelaskan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
·    Memberikan contoh orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
13.3.1        Menyebutkan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
13.3.2        Meneladani orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
 2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

13.4 Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
·    Mendiskusikan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
·    Bermain peran berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
13.4.1   Menunjkkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
13.4.2   Membiasakan diri berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas



Standar Kompetensi    : 14. Membiasakan perilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
14.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

·      Menjelaskan tentang pergaulan remaja
·      Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pergaulan remaja
14.1.1  Mendeskripsikan tentang pergaulan remaja
14.1.2  Menganalisis dalil naqli tentang pergaulan remaja
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
14.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
§ Membaca referensi tentang tata cara pergaulan  remaja
§ Bermain peran contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja
§ Mendiskusikan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami
14.2.1  Menjelaskan tata cara pergaulan remaja
14.2.2  Memberi contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja
14.2.3  Membandingkan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

4.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan

Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
·    Membaca referensi akibat pergaulan yang tidak islami
·     Mendiskusikan akibat posotif pergaulan remaja yang islami
14.3.1 Memberi contoh akibat pergaulan yang tidak islami
14.3.2 Menunjukkan akibat posotif pergaulan remaja yang islami

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas
14.4 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
·    Membaca referensi tentang orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan
·    Mendiskusikan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
14.4.1 Meneladani orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan
14.4.2 Menunjukkan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas







Standar Kompetensi    : 15. Menghindari perilaku tercela

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
15.1 Menjelaskan pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah

Pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah

·      Menjelaskan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
·      Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah
15.1.1  Mendeskripsikan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
15.1.2  Menunjukkan dalil tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
15.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah


Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
§ Mendiskusikan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
§ Bermain peran contoh tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah
15.2.1  Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
15.2.2  Memberi contoh tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas

15.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
·    Menjelaskan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
·    Membaca referensi tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah
15.3.1 Mennunjukkan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
15.3.2 Menjelaskan ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.       White Board dan spidol
2.       Kertas
15.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah
Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah
·    Membaca referensi tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
·    Mendiskusikan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
15.4.1 Meneladani orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
15.4.2 Menyebutkan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes

2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas



                                                                                                                                                                                                                                                                Tabanan , 31 Januari 2010
                    Mengetahui,                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran
                    Kepala Madrasah                                                                                                                                                                                  




                    Drs. Imam Mawardi, M.Pd.I                                                                                                                                                               Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
                    NIP. 19660111199603 1001                                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar