storm in my heart

Senin, 04 April 2011

RPP ALQUR'AN HADITS SMT II


MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MELILING KERAMBITAN TABANAN
 
 

PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan       : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajaran               : Al – Qur’an Hadits
Kelas / Semester            : XI/II
Tahun Pelajaran            : 2010-2011

NO
SEMESTER
MATERI POKOK
WAKTU
1.
I
1.1.      Tidak berlebih-lebihan. Q.S. Al Qashas : 79-82; Hadits tentang pola hidup sederhana
1.2.      Pemborosan adalah kawan setan Q.S. Al Isra: 26-27
1.3.      Larangan kikir Q.S. Al Isra : 29-30
1.4.            Akibat bagi orang kikir Q.S. Ali Imram : 180; Hadits tentang akibat bagi orang yang kikir
1.5.      Taqwa kepada Allah Q.S. Al Baqarah : 177 ; Hadits tentang tanda-tanda orang yang bertaqwa
1.6.            Iman dan amal sholeh Q.S. An Nahl : 97 ; Hadits tentang balasan orang-orang yang beramal sholeh
1.7.      Kewajiban amar ma’ruf nahi munkar Q.S. Ali Imran : 104 ; Hadits tentang kewajiban amar ma’ruf nahi munkar



4X40
4X40

4X40

4X40


2X40


JUMLAH
34
2.
II
1.1.Al-Qur’an surat Yunus : 37-38
1.2.Alam semesta tanda kebesaran Allah. Qur’an  surat An Nahl : 65-70 ; Hadits tentang kebesaran dan kekuasaan Allah Swt.
1.3.Beribadah kepada Allah, Q.S. Adz Dzariyat : 56
1.4.Mengingat  nikmat Allah Q.S. Az Zuhruf : 9 - 13
1.5.Mensyukuri nikmat Allah Q.S. Al Ankabut : 17 ; Hadits   tentang mensyukuri nikmat Allah
1.6.Pendayagunaan sumber alam Q.S. Al Furqan 45 -50
1.7.Perusakan alam merupakan perbuatan munafik Q.S. Al Baqarah : 204-206
4X40

6X40
4X40

2X40
4X40
2X40


SUB JUMLAH

JUMLAH TOTAL


Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073














PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan       : Madrasah Aliyah BalI Bina Insani
Mata Pelajaran               : AL-QUR’AN HADITS
Kelas/Semester              : XI / II
Tahun Pelajaran            : 2010-2011

A.   PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
Banyaknya pekan dalam satu semester                                                    

NO
NAMA BULAN
BANYAK PEKAN
1
JANUARI
4
2
FEBRUARI
3
3
MARET
4
4
APRIL
4
5
MEI
4
6
JUNI
4
JUMLAH
23

Banyak pekan yang tidak efektif dalam satu semester
NO
NAMA BULAN
BANYAK PEKAN
1
JANUARI
-
2
FEBRUARI
-
3
MARET
2
4
APRIL
2
5
MEI
-
6
JUNI
2
JUMLAH
6

Banyaknya pekan efektif = (23 - 6) pekan = 17 Pekan efektif
Banyaknya jam pelajaran efektif = (17 X 2) Jam Pelajaran = 34 Jam Pelajaran.

B.   DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
NO
SEMESTER
MATERI POKOK
WAKTU
















JUMLAH

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073


RINCIAN WAKTU SEMESTER II

NO
MATERI POKOK
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret  
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.
Kemurnian dan kesempurnaan Al-qur`an
4X40



2

2
























2.
Alam semesta tanda kebesaran Allah SWT
4X40






2
2






















3.
Mengingat nikmat Alllah
4X40








2
2




















  4.
Ulangan Harian
4X40










2
2


















  5.
Mensyukuri nikmat Allah
2X40












2

















6.
Beribadah kepada ALLah
4X40













2

2














7.
Ulangan Harian
6X40


















2
2
2











4X40





















2
2









2X40























2






JUMLAH
34

              

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
AL – QUR’AN HADITS
Mata Pelajaran                    : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Jurusan                     : XI
Semester                            : Ganjil / II
Alokasi Waktu                     : 12X40                 
Standar Konpetensi             :   Mampu mengidentifikasi kemurniaan dan kesempurnaaan Al-qur`an, menerapkan prinsip Al-qur`an sebagai sumber nilai, mengenali nikmat Allah dan
                                               mensyukurinya, dan menerapkan ajaaran Al-qur`an tentang pemanfaatan alam.     

Materi Pelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Menafsirkan ayat-ayat Al-qur`an tentang kemurnian dan kesempurnaan Al-qur`an
 Kemurniaan dan kesempurnaan Al-qur`an
Setelah pembelajaran , siswa mampu : membaca dengan benar Q.S Yunus 37-38,menulis dengan tulisan tangan,menterjemahkan.
Secara individu membaca qQ.S.Yunus 37-38,menulis,menterjemahkannya
Tugas Individu
4 x 40
1. Buku Paket kelas XI
2. Perpustakaan :






- Studi AI-Qur'an :Prof. Dr.






   H.Muh,Amin Suma






- Pengantar Ilmu AI-Qur'an






   Masyfud Zuhdi






- Pengantai. Ilmu AI-Qur'ai,






: Hasbi Ashshiddiqi













- Tarikh Tasyri AI Hudari






  AI-Qur'an dan Tafsimya






Departemen Agama



Secara individu membaca
Jenis tagihan

1. Buku Paket kelas X



referensi tentang cara-cara
Tugas individu
4 x 44
2. Perpustalcaan :



wahyu diturunkan


- Studi AI-Qur'an : Prof. Dr




Bentuk tagilian

   H. Muh. Amin Suma



Secara berkelompok
Uraian obyektif

- Pengantar Ilmu AI-Qur'an



mencari ayat pertama dan


: Masyfud Zulidi



terakhir diturunkan
Jenis tagilian

- Pengantar Ilmu. AI-Qur'an



Presentas, hasil dan
Tugas kelompok

: Hasbi Ash-Shidiqi



diskusi
Bentuk tagihan :

- Tarikh Tasyri AI Hudari




Laporan

- AI-Qur'an dan Tafsimya






Qur'an



Mengungkaplcan kembali
Jenis tagihan :

1. Buku Paket kclas X



tentang proses diturunkannya
Tugas individu
4 x 40
2. Perpustakaan :



M Qur'an


- Studi AI-Qur'an. Prof. Dr.




Bentuk tagihan

H. Muh. Arnin Suma




Laporan uraian

Pengantar Ilmu AI-Qur'an

Materi Pelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Pendalan
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/Alat

1
2
3
4
5
6
7



secara berangsur-angsur



Masyfud ZuMi



dengan prinsip pentahapan



- Pengantar Ilmu AI-Qur'an



dalam belaJar atau fenomena-



: Hasbi Ash-ShidicIi



fenomena lain dalam.



- Tarikh Tasyri AI Hudari -



kehidupan sehari-hari



- AI-Qur'an dan Tafsimya

Mengidentifikasi
Kedudukan, fungsi dan
- Menjelaskan kedudukan,
Secara individu mengkaji
Jenis tagihan :
4 x 40
1. Buku Paket kelas X

kedudukan, fungsi dan
tujuan AI-Qur'an
fungsi dan tujuan AI- Qur'an
referensi tentang
Tugas individu

2. Perpustakaan :

tujuan A] -Qur'an

bagi kehidupan
kedudukan, fungsi dan


- Studi AI-Qur'an: Prof.



manusia
tujuan AI-Qur'an
Bentulc tagihan :

Dr. H. Muh. Arnin





Laporan uraian bebas

Surna
- Pengantar Ilmu Al-Q&art







: Masyfud ZuMi







- Pengantar Ilmu AI-Qur'an







: Hasbi Ash-ShidicIi







- Tarikh Tasyri AI Hudari







- AI-Qur'an dan Tafsimya







: Departemen Agama







AI-Qur'an

Menyimpul-kan pokok-
Pokok-pokok isi AI-Qur'an
Menyebutkan pokok-
Secara individu membaca
Jenis tagihan
4 x 40
1. Buku Paket kelas X

pokok isi AI-Qur'an

pokok isi AI-Qur'an
referensi tentang pokok-pokok
Tugas individu

2. Perpustalcaart :




isi Al-Qtdan


- Studi AI-Qur'an: Prof. Dr.





Bentuk tagihan

H. Muh. Amin Surna




Secara kelompok meneari
Laporan

- Pengantar lImu AI-Qur'an




beberapa ayat tentang pokok-


: Masyfud Zuhdi




pokok isi Al-Q&an dan


- Pengantar Ilmu AI-Qur'an



Membaca ayat tentang
mengelompokkan ayat


: Hasbi Ash-Shidiqi



pokok-pokok isi AI-Qur'an
tersebut secara individu,


- Tarikh Tasyri AI Hudari




membuat skerna


- AI-Qur'andanTafsimya:




pokok-pokok isi AI-Qur'an


Departemen Agama




beserta contoh-contoh


Kitab Mabahis fl Ulum AI-




ayatnya.


Qur'an











Men),usun skerna i,~
Presentasikan basil diskusi






pokok AI-Qur'an
SeLdra individu menibuat














intormasi dari teman












Materi Pelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penifaian
Alokasi
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7







Menceritakan kemukjizatan
Al-Qur'an sebagai
- Menjelaskan aspek-aspek
Secara individu mengkaji
Jenis tagilian
6 x 40
1. Buku Paket kelas X
mukjizat Rasul
kernukjizatan Al-Qur'an
referensi tentang aspek-aspek
Tugas individu

2. Perpustakaan :


baik dari segi bahasa
kemukjizatan Al-Qur'an baik
Bentuk tagihan

- Studi Al-Qur'an : Prof. Di


maupun isinya
dari segi bahasa maupun
Ur4ian obyektif

H. Muh. Amin Suma


- Memberikan argumen-
isinya


- Pengantar Ilmu M-Qur'aii


argumen bahwa Al-Qur'an



Masyfud Zuhdi


merupakan wabyu Tuhan,
Secara kelompok berdiskusi


- Pengantar Ilmu AI-Qur'aii


bukan buatan Nabi
tentnag Al-Qur'an merupakan


Hasbi Ash-Shidiqi


Muhammad SAW
wahyu Allah bukan buatan


- Tarikh Tasyri Al Hudari


- Memberi contoh
Nabi Muhammad SAW


- Al-Qur'an dan Tafsirnya


kemukj izatan Al-Qur'an

Jenis tagihan

Departemen Agama


- Membedakan bentuk

Tugas kelompok

Kitab Mabahis fi Ulum A I


mukjizat Nabi Muhammad



Qur'an


dengan nabi-nabi lain

Bentuk tagiban




- Menunjukkan sikap tertarik

Laporan uraian bebas




aspek-aspek kemukjizatan






Al Qur’an




Mengenal cara mencan
surat dan ayat A]-Qur'an
Cara mencari surat-surat
- Mencarinama-namasurat
Secaraindividumengamati
Jenistagihan:
4x40
1. Buku Paket kelas X

dan ayat A] -Qur'an
Al-Qur'an melalui
kitab Fathurrahman atau
Tugas individu

2. Perpustakaan :


identifikasi nomor surat
index A]-Qur'an


- StudiAI-Qur'an: Prof. I)i


maupunjuz

Bentuk tagihan

H. Muh. Amin Suma


- Menggunakan kitab

Uraian obyektif

- Pengantar Ilmu AI-Qur'a i i


Fathurrahman atau index



: Masyfud Zuhdi


Al-Qur'an



- Pengantar Ilmu Al-Qur'an


Mempraktek-kan cara



: Ilasbi Ash-Shidiqi


mencari surat dan ayat-



- Tarikh Tasyri Al Hudari


ayat dalarn A]-Qur'an



- Al-Qur'an dan Tafsimya






Departemen Agama















Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN            : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI/ II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2010-2011
PERTEMUAN                   : 1 dan 2

A.   STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengidenifikasi kemurnian  dankesempurnaan Alqur’an , menerapkan prinsip Alqur’an
sebagai sumber nilai, mengenali nikmat Allah dan mensyukurinya, dan memahami ajaran Alqur’an
tentang pemanfaatan alam.

B.   KOMPETENSI DASAR


C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Mendefinisikan pengertian Al Qur’an.


D.   MATERI POKOK           :

Pengertian Al Qur’an dan wahyu.

E.   MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 1

Pendahuluan

1.    Doa
2.    Absensi
3.    Apersepsi                             
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
-      Guru menjelaskan topik
-      Guru memberikan tugas kepada para siswa untuk mencari dan memahami topik
-      Para siswa bereksplorasi tentang tugas
-      Para siswa mengekspresikan hasil ekplorasinya

Elaborasi
-      Guru menginput hasil eksplorasi para siswa
-      Guru menyatukan pendapat para siswa

Penutup konfirmasi

1.    Guru membuat kesimpulan
2.    Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 2

Pendahuluan

  1. Doa
  2. Absensi
  3. Apersepsi                             
  4. Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Membedakan Al Qur’an, Hadits qudsidan hadits nabawi.

Penutup

Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
  1. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis


G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN         :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.     Sebutkan perbedaan Al Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi.

100

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN        : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI / II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2007-2008
PERTEMUAN                   : 3 dan 4

A.   STANDAR KOMPETENSI

      Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
      mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan

B.   KOMPETENSI DASAR

Menunjukkan pemahaman cara-cara wahyu diturunkan.

C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Menjelaskan cara-cara wahyu diturunkan.

   2.   Menyebutkan ayat pertama dan terakhir diturunkan.

D.   MATERI POKOK           :

Cara-cara  wahyu diturunkan.

E.   MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 3

Pendahuluan

  1. Doa
  2. Absensi
  3. Apersepsi                             
  4. Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan cara-cara  wahyu diturunkan.
b.    Siswa mencari sumber referensi
c.    Siswa berdiskusi
d.    Siswa presentasi
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkannya

Penutup

Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
  1. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 4

Pendahuluan

  1. Doa
  2. Absensi
  3. Apersepsi                             
  4. Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menyebutkan ayat pertama dan ayat terakhir diturunkan.
b.    SIswa melakukan telaah
c.    SIswa presentasi
d.    Siswa menilai presentasi temannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan dan penilaian siswa serta mengarahkan

Penutup

Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
  1. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis


G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN         :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.     Sebutkan Cara-cara wahyu diturunkan. 
2.     Tuliskan ayat pertama dan ayat terakhir diturunkan.

100

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN        : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI / II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2010-2011
PERTEMUAN                   : 5 dan 6

A.   STANDAR KOMPETENSI

      Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
      mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan

B.   KOMPETENSI DASAR

Menceritakan proses diturunkannya Al Qur’an.

C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Menjelaskan Hikmah diturunkannya AlQur’an.

   2.  

D.   MATERI POKOK  :

Proses diturunkannya Al Qur’an.

E.   MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 5

Pendahuluan

  1. Doa
  2. Absensi
  3. Apersepsi                             
  4. Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan proses diturunkannya Al Qur’an.
b.    Siswa diskusi
c.    Siswa presentasi
Elaborasi
a. guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan

Penutup

Kesimpulan
5.    Guru membuat kesimpulan
  1. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 6

Pendahuluan

1.    Doa
2.    Absensi
3.    Apersepsi                                         
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

a.    Menyebutkan hikmah diturunkannya Al Qur’an secara berangsur-angsur.

Penutup

7.    Guru membuat kesimpulan
  1. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN            :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.     Sebutkan proses diturunkannya Al Qur’an. 
2.     Sebutkan hikmah diturunkannya Al Qur’an secara berangsur-angsur.

100

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BAILI BINA INSANI
MATA PELAJARAN        : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI / II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2010-2011
PERTEMUAN                   : 7 dan 8

A.   STANDAR KOMPETENSI

      Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
      mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan

B.   KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi kedudukan, Fungsi dan tujuan Al Qur’an.

C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Menjelaskan kedudukan, Fungsi dan tujuan Al Qur’an bagi kehidupan manusia..

   2.  

D.   MATERI POKOK  :

Kedudukan, Fungsi dan tujuan  Al Qur’an.

E.   MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 7

Pendahuluan

1.    Doa
2.    Absensi
3.    Apersepsi                                         
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan Kedudukan dan fungsi Al Qur’an.
b.    Siswa mengembangkan jabaran guru
c.    Siswa mempresentasikan pandangannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan

Penutup

Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
     6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 8

Pendahuluan

1.    Doa
2.    Absensi
3.    Apersepsi                                         
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan tujuan Al Qur’an diturunkan.
b.    Siswa melakukan telaah
c.    Siswa menyampaikan pandangannya

Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan

Penutup

Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
6.    Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis


G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN         :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.     Sebutkan Fungsi,kedudukan dan tujuan Al Qur’an. 
2.      

100

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN        : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI / II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2010-2011
PERTEMUAN                   : 9 , 10 dan 11

A.   STANDAR KOMPETENSI

      Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
      mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan

B.   KOMPETENSI DASAR

Menceritakan kemukjizatan Al Qur’an

C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Menjelaskan aspek-aspek kemukjizatan Al Qur’an.                                                                              

   2.   Memberikan argumen bahwa Al Qur’an merupakan wahyu tuhan, bukan buatan Nabi  
         Muhammad. 
   3.   Membedakan bentuk mukjizat nabi Muhammad dengan nabi-nabi lainnya.

D. MATERI POKOK            :

Al Qur’an sebagai mukjizat Rasul.

E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 9

Pendahuluan

1.Doa
2.Absensi
3.Apersepsi                                
4.Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.        Menjelaskan Aspek-aspek kemukjizatan  Al Qur’an.
b.        Siswa menelaah
c.        Siswa menjelaskan pandangannya
Elaborasi
a. Guru mengumpulkan pandangan siswa dan mengarahkan

Penutup

Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
     6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 10

Pendahuluan

1. Doa
2.    Absensi
3.                                                    Apersepsi                             
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan bahwa Al Qur’an merupakan wahyu tuhan dan bukan buatan nabi Muhammad
b.    Siswa mencari referensi dan menelaahnya
c.    Siswa berdiskusi
d.    Siswa mempresentasikan
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan

Penutup

      Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
6.    Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 11

Pendahuluan

1. Doa
2.    Absensi
3.    Apersepsi                             
4.    Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.    Menjelaskan perbedaan mukjizat nabi Muhammad dengan nabi-nabi lain sebeumnya.
b.    Siswa berdiskusi kelompok
c.    Siswa mempresentasikan
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan

Penutup

       Konfirmasi
5.    Guru membuat kesimpulan
6.    Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis


G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN         :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.     Sebutkan Aspek-aspek kemukjizatan  Al Qur’an. 
2.     Sebutkan beberapa perbedaan mukjizat
      nabi Muhammad dengan nabi-nabi yang
       lain.

100
Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN  : MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN        : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER      : XI / II
ALOKASI WAKTU           : 4x40
TAHUN PELAJARAN     : 2010-2011
PERTEMUAN                   : 12 dan 13

A.   STANDAR KOMPETENSI

      Mampu mendefinisikan AI‑Qur'an clan Waliyu, memahami cara‑cara wahyu dan AI‑Qur'an diturunkan,
      mengidentifilcasi kedtidukan, fungsi, tujuan dan pokok‑pokok isi AI‑Qur'an, mengenal kemukjizatan

B.   KOMPETENSI DASAR

Mengenal cara mencari surat dan ayat Al Qur’an

C.   INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Mencari nama-nama surat Al Qur’an melalui identifikasi nomor surat dan juz.                                                                              

   2.   Mempraktekkan cara mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.
   3.  

D. MATERI POKOK            :

Cara mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.

E. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE :

- Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah/menjelaskan, Mendemonstrasikan, dan Tanya jawab

F.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 12

Pendahuluan

1.Doa
1 .Absensi
2 .Apersepsi                               
3 .Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.        Mencari nama-nama surat dan ayat dalam  Al Qur’an.
b.        Siswa berdiskusi
c.        Siswa presentasi
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan

Penutup

       Konfirmasi
5. Guru membuat kesimpulan
     6.Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis

Pertemuan ke 13

Pendahuluan

1. Doa
2. Absensi
3. Apersepsi                               
4. Motivasi

Kegiatan Inti

Eksplorasi
  1. Mempraktekkan cara mencari surat dan ayat dalam  Al Qur’an
  2. Siswa melakukan
  3. Siswa mendiskusikan
  4. Siswa presentasi
Elaborasi
Guru mengumpulkan hasil presentasi dan mengarahkan

Penutup

                                          Konfirmasi
                                     5. Guru membuat kesimpulan
6. Guru memberikan soal yang berisi isian singkat untuk kuis


G.   SUMBER PEMBELAJARAN : Buku Paket, Buku Penunjang

Media               :   Buku Al Qur’an Hadits kelas X .
                              Studi Al Qur’an, Prof.Dr.H.Muh.Amin Suma.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Msyfud Zuhdi.
                              Pengantar Ilmu Al Qur’an, Hasbi Ashshiddiqi.


H.   PENILAIAN         :


Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Kuis
Ulangan
Tugas
Non tes:
Performa

Tugas Individu,
Tugas
Kelompok
Praktek
Laporan
1.    Praktek mencari surat dan ayat dalam Al Qur’an.. 


100

Mengetahui                                                                 Tabanan, Januari 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Imam Mawardi,M.Pd.I                                       Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP. 19660111 199603 1 0001                                  NUPTK 6033748650200073

1 komentar: